Menu

Mode Gelap

Daerah · 10 Feb 2024

Libatkan DPT, KPU Kota Palu Gelar Simulasi Pemungutan Suara


					Ketua KPU Kota Palu, Idrus, menyatakan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mematangkan persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Melibatkan pemilih sesungguhnya di lapangan pada tanggal 14 Februari mendatang akan membantu dalam mengevaluasi dan memperbaiki proses yang diperlukan untuk pelaksanaan pemilu yang sebenarnya. Photo: TIM Perbesar

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, menyatakan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mematangkan persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Melibatkan pemilih sesungguhnya di lapangan pada tanggal 14 Februari mendatang akan membantu dalam mengevaluasi dan memperbaiki proses yang diperlukan untuk pelaksanaan pemilu yang sebenarnya. Photo: TIM

PALU,netiz.id – Setelah sebelumnya (KPU) Palu menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Tempat () bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kali ini, melibatkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk melakukan simulasi Pemungutan Suara di TPS 05 Kelurahan Ngapa, Kecamatan Palu Utara, pada Sabtu (10/02/24).

Ketua KPU , , menyatakan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mematangkan persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Melibatkan pemilih sesungguhnya di lapangan pada tanggal 14 Februari mendatang akan membantu dalam mengevaluasi dan memperbaiki proses yang diperlukan untuk pelaksanaan pemilu yang sebenarnya.

“Ini bagian dari rangkaian persiapan KPU terhadap pelaksanaan Pemilu. Jadi, kami melibatkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sesungguhnya akan memilih di TPS ini pada 14 Februari nanti, dengan total 222 pemilih,” ucapnya.

Idrus menambahkan bahwa kesiapan lainnya dari sisi hak pemilih, yaitu pemberitahuan, telah dilakukan sejak dua hari yang lalu. Selain itu, pemberian alat bantu kepada KPPS dan coaching berjenjang mengenai tata cara pemilihan juga telah dilakukan terkait yang digunakan dalam simulasi,

“surat suara tersebut bukan contoh suara yang sesuai dengan aslinya. Angka peserta pemilu dan nomor urut pasangan calon yang digunakan bukanlah angka sebenarnya.” Kata Idrus

“Nantinya kita akan kembali mengevaluasi terkait pemahaman surat suara yang sah dan tidak sah. Selain itu, semua hal yang terjadi hari ini, baik perhitungan, penggunaan plano, dan rekapitulasi, akan kami evaluasi,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemilih pemula yang ditemui, Nazwa, mengaku masih terkendala dalam melakukan , dan ia masih membutuhkan pendampingan dalam melaksanakan hak pilihnya.

“Masih bingung tadi pas melipat surat suara. Kalau tentang siapa yang dipilih, itu sudah didiskusikan dengan orang tua di rumah,” ucapnya. (KB/*)

Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Wali Kota Hadianto Dengarkan Aspirasi dan Keluhan Masyarakat Besusu Bersaudara

21 Juli 2024 - 12:03

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid

Sosialisasi Pin Polio Digelar di Puskesmas Sabang, Donggala

21 Juli 2024 - 09:56

Dinas Kesehatan Donggala

MTQ XXX Sulawesi Tengah Diharapkan Lahirkan Qari dan Qariah Berprestasi Nasional dan Internasional

21 Juli 2024 - 09:44

Wali Kota Palu

Studio Dekave Diresmikan SMK Muhammadiyah Palu, Wali Kota Palu Beri Pesan Penting Bagi Siswa

21 Juli 2024 - 09:35

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid

Ketua KPU Kota Palu Dorong PPK dan PPS Pelajari PKPU 8/2022

20 Juli 2024 - 12:14

KPU Kota Palu

Ketua KPU Palu Tegaskan Pengelolaan Keuangan Pilkada Harus Efektif, Efisien, dan Akuntabel

20 Juli 2024 - 11:53

KPU Kota Palu
Trending di Daerah