Menu

Mode Gelap

Daerah · 8 Jun 2022

Kepala BPPW Sulteng, Sahabuddin : Bongkar Pekerjaan Yang Tak Sesuai Spek


 Kepala BPPW Sulteng, Sahabuddin : Bongkar Pekerjaan Yang Tak Sesuai Spek Perbesar

NETIZ.ID,Palu — Temuan sejumlah Wartawan terkait mutu pekerjaan sejumlah sekolah dan prasaranya di Balai Prasarana dan Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulteng yang dikerjakan oleh PT Karya Bangun Mandiri Perkasa dan PT Karya Putra mandiri Adiprasarana (KSO) akhirnya mendapat tanggapan Sahabuddin ST.SE, Msi selaku Kepala Balai, secara tegas dirinya memerintahkan Pejabat Pembuat Komitmen () untuk melakukan pembongkaran dan penggantian material sesuai petunjuk kontrak.

“semua material asing yang tidak di isyaratkan dalam kontrak saya suruh , PPK sudah melakukan eksekusi dilapangan ,terima kasih telah membantu memantau pekerjaan tersebut” ungkap saat ditemui dikantornya.

Sahabuddin bahkan memperlihatkan dokumentasi pembongkaran beberapa temuan wartawan sebelumnya yang “dieksekusi” PPK , bahkan kabarnya Kontraktor pelaksana telah mendapatkan peringatan terkait temuan tersebut.

Proyek dengan Brandol anggaran Rp. 72.624.904.800 bernomor kontrak HK.02.01/Kontrak/cb 28.4/PS.II/01/2021 terjadwal dilaksanakan dengan 300 hari kerja dengan 31 titik lokasi pembangunan.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan,Olahraga dan Pasar II Wilayah Sulawesi Tengah, Rachman Dg,Tinri ST menyatakan pihaknya telah memerintahkan kontraktor untuk memperbaiki kualitas pekerjaan.

“pondasi yang memakai material bekas bongkaran sudah kami suruh bongkar dan ganti , demikian pula batako yang rapuh saya suruh ganti dan bongkar “ Jelas Rachman kepada media ini.

Sementara itu, selaku kontraktor pelaksana memilih “memblokir Kontaknya “ dan menutup komunikasi dengan para wartawan pasca pembongkaran tersebut,belum ada informasi lebih jauh terkait upaya yang dilakukan kontraktor pasca ditemukan sejumlah kejanggalan dalam proyeknya.

Konsultan Pelaksana demikian pula halnya, mereka terkesan kompak menghindari wartawan pasca ditemukannya pekerjaan”amboradul” diproyek yang mereka awasi.

Proyek dengan sumber dana APBN Murnitahun 2021-2022 ini berada di Kota Palu, Kabupaten Donggala , Kabupaten dan Kabupaten Parigi Moutong.

Sebarannya diantaranya ada 8 Lokal di Kecamatan Pinembani, 4 Lokal dikecamatan Riopakava , lokal di , 3 lokal dikabupaten sigi diantaranya di Dusun Raranggonao Desa Pombewe dan Dusun Tompu Desa Ngatabaru Kecamatan sigi ,di ,sindue Tobata dan SDN 14 Tambusabora dan satu local di desa Posona Kecamatan Kasimbar Parigi Moutong.

Dikota palu ,sekolah yang dikerjakan Hotman tersebut menyebar diantaranya SD 4 dan SDN 9 Bamba, SDN Watusampu, SDN Inpres Silae ,SDN 3 Lambara, SMP 4 Palu serta TK Negeri Model terpadu.

Kepada wartawan, kepala Balai Prasarana dan Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulteng berpesan agar sinergitas dalam bekerja terus dibangun , tujuannya agar dapat meningkatkan kualitas pekerjaan menjadi tanggungjawabnya.

“simple saja saja prinsip kerja saya, jika tidak beres pekerjaan ,saya tegur…pertama.kedua masih saya tegur, ketiga…saya turun langsung bongkar , sudah dibongkar saya tidak akan bayar pekerjaan itu sesuai bobot kesalahannya “ katanya menyudahi wawancara. ***

 

Pewarta : Tim SP2 / HR/AKB/SYL/AKB

Artikel ini telah dibaca 196 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah