Menu

Mode Gelap

Daerah · 12 Mar 2022

Walikota Palu Hadiyanto Secara Tegas akan Tertibkan Hunian di Atas Drainase


					walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE didampingi Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP serta sejumlah pimpinan OPD Pemkot Palu. (Photo : IST) Perbesar

walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE didampingi Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP serta sejumlah pimpinan OPD Pemkot Palu. (Photo : IST)

NETIZ.ID, – Hujan dengan intensitas tinggi dan disertai kilat serta mengguyur Kota Palu. Sabtu (12/3/2022) pagi harinya sekitar pukul 05.00 – 07.00 WITA membuat sebagian wilayah Kota Palu dilanda banjir.

Hal tersebut membuat , H. Hadianto Rasyid, SE didampingi Ketua TP-PKK Kota Palu, , S.AP turun langsung meninjau beberapa titik banjir di Kota Palu.

Walikota bersama rombongan dan didampingi sejumlah pimpinan diruang lingkup mengunjungi wilayah antara lain Jalan Nokilalaki, Jalan Dr. Wahidin, Jalan Cemara, Jalan Labu, Jalan Pangeran Hidayat, Jalan Tanamea, serta Jalan Sungai Lariang.

Hadiyanto mengatakan bahwa dirinya bersama rombongan menyusuri  jalan dan yang tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa.

“Pertama yang harus dilakukan dalam menangani banjir adalah perlunya perbaikan drainase khususnya alur alam atau alur yang menjadi aliran air sungai. Banyaknya sedimentasi, kemudian banyaknya rumah di atas alur drainase kita, itu harus ditangani,” ujarnya.

Namun demikian kata dia lagi, akan melakukan kajian terlebih dahulu kemudian menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan.

“Pastinya di kesempatan ini kita sampaikan kepada bahwa Pemerintah Kota Palu akan melakukan penertiban rumah-rumah yang berada di atas alur alam,” ungkapnya.

Karna menurut Hadi, banjir akan terus terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Palu selama alur alam yang dimaksud belum dilakukan penertiban.

“Apalagi cuaca saat ini jauh lebih ekstrim dari sebelum-sebelumnya, sehingga penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu harus bisa lebih baik dan lebih cepat,” Sebutnya

Karena banyak alur alam lanjutnya, dimana bangunan dibangun di situ, kemudian terjadi penyempitan. Air ini harus dibuatkan jalannya. Kalau tidak dibuatkan jalannya, pastinya akan sering banjir.

Dalam peninjauan titik banjir kali ini juga Wali Kota menemukan begitu banyak endapan sampah yang berada di drainase-drainase. Olehnya Ia mengimbau kepada masyarakat agar membudayakan buang sampah pada tempatnya. Demikian Walikota Palu. (KB/*)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Wali Kota Hadianto Dengarkan Aspirasi dan Keluhan Masyarakat Besusu Bersaudara

21 Juli 2024 - 12:03

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid

Sosialisasi Pin Polio Digelar di Puskesmas Sabang, Donggala

21 Juli 2024 - 09:56

Dinas Kesehatan Donggala

MTQ XXX Sulawesi Tengah Diharapkan Lahirkan Qari dan Qariah Berprestasi Nasional dan Internasional

21 Juli 2024 - 09:44

Wali Kota Palu

Studio Dekave Diresmikan SMK Muhammadiyah Palu, Wali Kota Palu Beri Pesan Penting Bagi Siswa

21 Juli 2024 - 09:35

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid

Ketua KPU Kota Palu Dorong PPK dan PPS Pelajari PKPU 8/2022

20 Juli 2024 - 12:14

KPU Kota Palu

Ketua KPU Palu Tegaskan Pengelolaan Keuangan Pilkada Harus Efektif, Efisien, dan Akuntabel

20 Juli 2024 - 11:53

KPU Kota Palu
Trending di Daerah