Menu

Mode Gelap

Daerah · 15 Nov 2023

Negara Eropa Tertarik Berinvestasi di Kabupaten Donggala


 Suasana saat Bupati Donggala, Moh Yasin memberikan cendramata ke Dubes Ceko Mr. Jaroslav Dolecek di Ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala. Rabu (15/11/23). Photo: netiz.id Perbesar

Suasana saat Bupati Donggala, Moh Yasin memberikan cendramata ke Dubes Ceko Mr. Jaroslav Dolecek di Ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala. Rabu (15/11/23). Photo: netiz.id

DONGGALA,netiz.id — Republik Ceko berencana menginvestasikan dana dalam sektor pariwisata di , Sulawesi Tengah. Pernyataan ini disampaikan oleh Dubes Republik Ceko, Mr. Jaroslav Dolecek, saat diwawancara oleh media ini di ruang kasiromu Kantor Bupati Donggala pada Rabu (15/11/23).

Melalui juru bahasanya, Mr. Jaroslav menyatakan bahwa langkah pertama sudah diambil dengan memindahkan konsulat dari ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, sebagai bagian dari Inisiatif Ibu Kota Nusantara ().

“Langkah awal, kami membawa Investor Ceko Mr. Yangke yang telah melakukan di pantai Kirana Towale Kecamatan dengan mendirikan resort,” ujarnya.

Jaroslav menegaskan bahwa tujuan dari langkah ini bukan hanya untuk meningkatkan eksistensi Donggala di kancah internasional tetapi juga untuk menciptakan pengalaman positif bagi para wisatawan dan menjaga kelestarian keindahan alam Donggala untuk generasi mendatang.

“Langkah ini juga merupakan hasil dari kesepakatan dengan pihak terkait dan membuka peluang promosi yang lebih luas ke negara-negara Eropa,” tambahnya. Dalam konteks promosi ini, Kabupaten Donggala dipilih karena kekayaan sumber daya lautnya dan lokasinya yang strategis dekat dengan Selat.

Jaroslav menekankan bahwa upaya promosi ini melibatkan tidak hanya pihak lokal tetapi juga kemitraan dengan Ceko, sebuah negara yang memiliki peran penting di Kirana Resort.

“Untuk mendukung langkah ini, pemerintah daerah, diwakili oleh Kepala Dinas dan Bupati, berkomitmen untuk menjaga kebersihan, memberikan dukungan promosi, dan memberikan edukasi kepada warga,” ujarnya.

Selanjutnya, upaya konkret termasuk pendidikan bagi generasi muda, menjaga keamanan bagi wisatawan asing, dan peningkatan layanan hospitality di hotel dan restoran menjadi fokus utama, demikian .

Sementara itu, Bupati Donggala, menyambut dan mengapresiasi Dubes Ceko yang ingin berinvestasi di Kabupaten Donggala.

“Ini akan menjadi cela untuk mengurangi angka pengangguran dan otomatis mengurangi angka kemiskinan,” ucapnya.

Ia juga mengatakan akan siap jika para investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Donggala mengingat, jarak Donggala dengan IKN itu sangat dekat dan strategis.

Di sisi lain, Kepala , Muhammad menyambut baik investor dari Republik Ceko. Menurutnya, Kabupaten Donggala telah menjadi acuan bagi investor masuk untuk melakukan investasi di sektor pariwisata.

“Alhamdulillah, kami menyambut baik hal itu. Insha Allah selain Ceko, ada juga negara-negara Eropa seperti akan berkunjung di Kabupaten Donggala,” ucap Muhammad. (KB)

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kemudahan Layanan Pertanahan, Menteri AHY Tinjau Inovasi LaserJet di Badung

14 Juni 2024 - 18:28

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Dukung Keselamatan Kerja, Huabao Indonesia Gelar Sertifikasi SIO bagi 181 Operator

14 Juni 2024 - 18:14

Indonesia Huabao Industrial Park

Gerakan Pangan Murah di Banawa Selatan Donggala Ramai Diserbu Masyarakat Jelang Idul Adha

14 Juni 2024 - 15:36

Kades dan Bendahara Oti Donggala Resmi di Tahan Cabjari Tompe

14 Juni 2024 - 09:55

Jelang Pilkada, Kabeh Sedulur Tamansiswa Dorong Pemimpin Berkomitmen Kesejahteraan Bersama

14 Juni 2024 - 07:58

Kabeh Sedulur Tamansiswa Indonesia

Kotagede Mencari Bakat Kembali Digelar, Hadiah Total Rp 15 Juta!

14 Juni 2024 - 07:47

Kotagede Mencari Bakat
Trending di Daerah