Menu

Mode Gelap

Daerah · 21 Jan 2023

Hadiri HUT ke 73 PDGI, Wali Kota Palu Harap Bangun Sinergitas Wujudkan Kebersihan Gigi dan Mulut Anak


 Hadiri HUT ke 73 PDGI, Wali Kota Palu Harap Bangun Sinergitas Wujudkan Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Perbesar

PALU,netiz.id — Wali Kota Palu H.Hadianto Rasyid, S.E menyampaikan selamat ulang tahun kepada persatuan dokter gigi indonesia (PDGI) yang ke-73 tahun. Sabtu (21/1/23)

Acara dilaksanakan di lapangan Vatulemo. Juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita, , Ketua PDGI drg.Hj.Luthfiah dan pengurus lainnya. Kadinkes Palu dr Rochmat .

Dikesempatan tersebut, Walikota Palu menyapa anak anak SD yang tengah mengikuti kegiatan sikat gigi bersama serta menyaksikan sejumlah penampilan siswa.

menyebutkan bahwa semoga di usianya yang tidak lagi muda ini, PDGI khususnya PDGI cabang palu senantiasa menjalankan perannya dengan baik terkhusus dalam transformasi kesehatan menghadapi tantangan global.

Selaku , dirinya menyambut baik pelaksanaan hut ke-73 tahun pdgi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang dirangkaikan dengan jalan santai bersama anggota pdgi se-sulawesi tengah yang dipusatkan di lapangan vatulemo, kota Palu.

Hadi sapaan akrabnya mengatakan bahwa Dokter gigi sebagai salah satu profesi sekaligus elemen intelektual dalam masyarakat adalah salah satu pihak yang turut mengemban amanah pembangunan bangsa.

Lebih lanjut, kata dia, Dokter gigi dituntut untuk secara kritis mampu terlibat aktif dalam upaya pembangunan nasional melalui proses pengabdian profesi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi pula dengan kerja nyata di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itu, melalui beberapa kegiatan dalam rangka hut ke-73 pdgi kali ini diharapkan semakin mewujudkan masyarakat kota palu hidup bersih dengan senantiasa memelihara kebersihan gigi dan mulut. Kemudian meningkatkan kesadaran anak-anak usia sekolah akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan bangsa dengan terjun langsung memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut,” Ucapnya

Pemerintah kota palu sendiri dalam program kerjanya ingin mewujudkan palu sehat dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Salah satunya Jumat palu sehat yang belum lama ini kami launching. Sesuai dengan namanya, pelayanan kesehatan ini akan dilaksanakan setiap hari jumat pekan berjalan secara .

“Dengan kegiatan pokok yaitu kesehatan oleh dokter, pengobatan, pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, pemeriksaan kesehatan bagi lansia, pemeriksaan kesehatan kerja bagi padat karya, pemeriksaan ibu hamil, serta penyuluhan dan konseling,” Urainya

Tentunya, kata dia lagi, melalui pelayanan kesehatan gratis jumat palu sehat ini, pemerintah kota palu berupaya melakukan pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berdasarkan wilayah masing-masing.

“Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan gratis jumat palu sehat merupakan inovasi dinas kesehatan kota palu,” Katanya

“Masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan lansia yang diselenggarakan oleh dinas kesehatan kota palu pada tiap kelurahan setiap hari jumat,” Tuturnya menambahkan.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah kota palu rencananya akan memulai revitalisasi lapangan vatulamo ini pada bulan februari mendatang.

“Lapangan ini nantinya akan ditutup dalam beberapa waktu untuk dilaksanakan beberapa peningkatan fasilitas yang ada di dalamnya. Seperti pembuatan track lari sesuai dengan standar, kemudian ada beberapa lapangan baru yang akan kita bangun di lapangan kebanggaan masyarakat kota palu ini,” Jelasnya

Di sisi lain, halaman kantor wali kota akan dibuat menyatu dengan lapangan vatulemo serta jembatan penyebrangan orang di jalan moh. Yamin. Ditambah lagi playground, foodcourt, dan masih banyak lagi. Kita ingin lapangan vatulemo ini betul-betul menjadi pusat kegiatan masyarakat kota palu.

Terakhir, dirinya mengharapkan dukungan serta keterlibatan dari seluruh masyarakat kota palu untuk menyukseskan segala program yang dilaksanakan oleh pemerintah kota palu. Agar kota ini betul-betul layak disebut sebagai ibu kota provinsi sulawesi tengah dan akan meraih kedepannya. Demikian Wali Kota Palu. (***)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dukung Keselamatan Kerja, Huabao Indonesia Gelar Sertifikasi SIO bagi 181 Operator

14 Juni 2024 - 18:14

Indonesia Huabao Industrial Park

Gerakan Pangan Murah di Banawa Selatan Donggala Ramai Diserbu Masyarakat Jelang Idul Adha

14 Juni 2024 - 15:36

Kades dan Bendahara Oti Donggala Resmi di Tahan Cabjari Tompe

14 Juni 2024 - 09:55

Jelang Pilkada, Kabeh Sedulur Tamansiswa Dorong Pemimpin Berkomitmen Kesejahteraan Bersama

14 Juni 2024 - 07:58

Kabeh Sedulur Tamansiswa Indonesia

Kotagede Mencari Bakat Kembali Digelar, Hadiah Total Rp 15 Juta!

14 Juni 2024 - 07:47

Kotagede Mencari Bakat

Satgas Parkir Kota Palu Tindak 9 Juru Parkir Liar, Terancam Sanksi Tegas

13 Juni 2024 - 21:01

Dishub Kota Palu
Trending di Daerah