Menu

Mode Gelap

Daerah · 9 Des 2022

Wakil Wali Kota Palu, Reny Lamadjido Ikuti Puncak Peringatan Hakordia Bersama Wapres RI Secara Virtual


 Wakil Wali Kota Palu, Reny Lamadjido Ikuti Puncak Peringatan Hakordia Bersama Wapres RI Secara Virtual Perbesar

,netiz.id diwakili Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes mengikuti puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) secara virtual dari ruang rapat . Jum'at (9/12/22)

Kegiatan yang dipusatkan di Bidakara, Selatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma'ruf Amin.

Wapres dalam arahannya, berpesan ada tiga hal penting dalam momentum peringatan Hakordia 2022 kali ini.

Pertama, Wapres mengatakan negara manapun yang sumber dayanya melimpah, namun bila aturan mainnya lumpuh dan penegakan hukumnya tumpul, maka kemakmuran tidak mungkin dapat dinikmati oleh negara tersebut.

“Kekayaan yang hanya dirasakan oleh orang-orang yang memiliki akses terhadap pengambilan keputusan, menyebabkan alokasi sumber daya jatuh kepada segelintir orang sehingga umat tidak tersentuh oleh nikmat kesejahteraan,” katanya.

Menurutnya, salah satu bentuk korupsi kebijakan adalah dengan mengubah alokasi sumber daya yang seharusnya diproduksi demi kepentingan publik, namun dibajak demi memuaskan oligarki. Akibatnya kemelaratan menjadi hamparan negeri.

Kemudian kedua, lanjut Wapres, upaya pemberantasan korupsi mestinya diarahkan pada perubahan perilaku Pemerintah dan masyarakat. Perilaku koruptif berubah menjadi perilaku yang jujur, bersih, dan berintegritas.

“Perubahan perilaku yang muncul dari dalam diri individu akan lebih menjamin kesuksesan kita dalam memberantas korupsi, daripada ancaman hukuman yang berat,” Ungkapnya.

Sementara ketiga, Wapres berharap semangat dari tema “Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi,” menjadi penguat komitmen dan langkah dari seluruh kementerian, lembaga, serta Pemerintah Daerah untuk menjalankan rencana kerja Pemerintah .

Terkait hal tersebut, saat ini Pemerintah membutuhkan dukungan menyukseskan program prioritas agar tidak terhambat oleh korupsi, antara lain percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penguatan sistem sosial, dan peningkatan sistem kesehatan nasional. (***)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah