Menu

Mode Gelap

Daerah · 6 Mar 2023

Angka Stunting Naik 24,7% di Kota Palu, Ini Tanggapan Wakil Wali Kota


 ist Perbesar

ist

PALU,netiz.id  – Berdasarkan Data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) per terhadap , di mengalami peningkatam sejumlah 0,8 persen, dengan angka 23,9 persen per 2021 menjadi 24,7 persen di .

Meski demikian, data SSGI tak menjadi satu-satunya standar intervensi percepatan penurunan stunting di Kota Palu. Pasalnya, jika melihat data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGM), angka stunting di Kota Palu justru menurun 1,8 persen dari 7,85 menjadi ,19 persen.

Dalam rangka percepatan penurungan stunting, secara berkala pemerintah Provinsi melakukan penilaian kinerja pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dalam intervesi pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting.

Sementara itu, pada 6-7 Maret 2023, Kota Palu menjadi objek penilaian tersebut, dimulai dengan pemaparan program-program intervensi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu dalam hal ini oleh Bapedda Kota Palu sebagai Leading Sektor yang menaungi -OPD yang dilibatkan, bertempat di Kampung Nelayan Resto, Senin (6/3/23).

Berdasarkan keterangan Ketua Tim penilai Dr. Eko Jokolelono mengatakan tujuan daripada dilakukannya penilaian kinerja tersebut yakni guna memastikan akuntabilitas, integritas, transparansi, objektif, dan terukur terhadap kinerja 8 (delapan) aksi konvergensi tersebut.

Bahkan, Wakil dr. Reny A. Lamadjido mengatakan, data SSGI tersebut tak menurunkan semangat Pemerintah kota Palu dalam hal upaya penurunan stunting.

“Hasil SSGI tersebut tidak menurunkan semangat Pemerintah Kota Palu dalam upaya menurunkan angka stunting di Kota Palu,” tandas Wakil Wali Kota Palu dalam sambutannya.

Ia berharap agar kiranya atas upaya-upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu, dapat menurunkan stunting secara signifikan di tahun 2023

“Mudah-mudahan di tahun 2023 ini, stunting kota Palu turun betul-betul secara signifikan,” tutupnya.

Sebagai informasi, pada hari kedua penilaian kinerja intervensi percepatan penurunan stunting di Kota Palu,tim penilaian akan melanjutkannya dengan kunjungan di beberapa -puskesmas diseluruh kecamatan yang ada di Kota Palu.

Kegiatan juga di hadiri seluruh Kepala OPD, Kepala Puskesmas, dan anggota TP PKK Kota Palu, yang turut menjadi peserta dalam salah satu penilaian intervensi percepatan penurunan stunting, oleh tim Penilai Percepatan Penurunan Stunting dari Pemerintah .

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polresta Yogyakarta Dukung Penuh Kegiatan Hari Anak Nasional JPKP DIY

19 Juni 2024 - 10:43

Polresta Yogyakarta

Warga Yogyakarta Masih Banyak yang Belum Punya Rumah Sendiri, Harga Mahal dan UMR Rendah Jadi Kendala Utama

19 Juni 2024 - 10:10

Seorang warga Yogyakarta, Seno

Sekretariat DPRD Provinsi Sulteng Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih 6 Ekor Sapi

19 Juni 2024 - 09:29

Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tengah

Kantor Pertanahan Donggala Gelar Kurban dan Salurkan Daging Kurban kepada Warga

18 Juni 2024 - 16:47

Suasana saat Kantor Pertanahan Kabupaten Donggala melaksanakan kegiatan qurban di halaman belakang kantor pada hari Senin kemarin (17/06/24). Photo: TIM

Semarak Kurban di Masjid Danunegaran, 12 Lembu dan 20 Kambing Dibagikan untuk Masyarakat

17 Juni 2024 - 16:08

Masjid Danunegaran Yogyakarta menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan menyembelih 12 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Pemerintah Kota Palu Gelar Salat Iduladha di Lapangan Tatura

17 Juni 2024 - 12:00

Pemkot Palu
Trending di Daerah