Menu

Mode Gelap

Daerah · 22 Nov 2022

Wali Kota Palu Ajak Semua Pihak Open Donasi Untuk Korban Gempa Cianjur Jabar


 Walikota Palu, Hadianto Rasyid saat memberikan sambutan pada peresmian kantor Perusda Kota Palu. (Photo : Netiz.id) Perbesar

Walikota Palu, Hadianto Rasyid saat memberikan sambutan pada peresmian kantor Perusda Kota Palu. (Photo : Netiz.id)

,netiz.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Palu “open donasi” untuk membantu korban Kabupaten Cianjur Provinsi (Jabar) mulai pekan ini.

menjelaskan open donasi ini ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Palu sebagai bentuk empati terhadap korban bencana gempa di Cianjur.

Pemberian bantuan donasi menurut Hadi, akan dilakukan oleh (Dinsos) Palu. Untuk itu Dinsos Palu akan membuka rekening sumbangsih tersebut.

“Silahkan masyarakat yang ingin berdonasi, bisa memberikan sumbangannya ke rekening Dinsos. Atau bisa pula diserahkan langsung kepada wali kota,” Kata wali kota, Selasa (22/11/22) di ruang kerjanya.

Sumbangan donasi tersebut rencananya akan dikirim secepatnya paling lambat pekan depan. Karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu kini tengah mengidentifikasi kebutuhan korban di Cianjur.

“InsyaAllah Minggu depan bantuan donasi akan kita kirim bantuan sesuai dengan kebutuhan. Apakah nanti dalam bentuk perbaikan rumah atau rumah ibadah atau dalam bentuk kebutuhan pokok dan kebutuhan medis. Sesuai hasil identifikasi,” Jelasnya

Pengiriman hasil donasi nantinya ke Cianjur akan dikirim atas nama dan masyarakat serta didampingi BPKP. Termasuk perwakilan masyarakat. Dengan begitu, bantuan yang disalurkan nanti betul-betul tepat dan tidak diselewengkan.

Terkait pengantaran bantuan, wali kota menyebut akan melihat perkembangan. Bantuan akan ia antar langsung jika ada permintaan masyarakat.

Ia mengaku menghindari opini-opini yang bersifat tendensi yang mengarah pencitraan. Karena itu, jika ia tidak berkesempatan, maka akan tetap ada pejabat yang mewakili Wali Kota Palu.

“Tidak ada tendensi politik supaya kita mau dibilang. Artinya ini perhatian kita, sebagaimana ketika kita di Palu dilanda bencana, perhatian keluarga kita secara nasional cukup besar. Saya menghindari itu jangan sampai ada salah sangkah. Mungkin nanti dari BPBD atau ibu Wawali. Pokoknya siapa saja asal ada perwakilan,” Ujarnya.

Orang nomor satu di kota Palu itu juga menegaskan open donasi ini terbuka bagi semua pihak. Termasuk jajaran lingkungan Pemkot Palu. Ia menyebutkan, tidak ada instruksi khusus bagi pegawai untuk bantuan donasi ini.

“Untuk PNS silahkan. Kita inikan mau berderma. Tidak ada potongan-potongan. Kita bersatu saja untuk bersama sama membantu keluarga kita di Cianjur,” Tegasnya.

Masih menurut wali kota, bantuan nantinya boleh diserahkan ke rekening Dinsos Palu yang akan segera diumumkan. Atau boleh mengantarkan langsung secara tunai ke Kantor Dinsos Palu.

“Hasil donasi nantinya akan kita . Baik yang terkumpul dari pemerintah kota maupun dari masyarakat,” Tutupnya. (***)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah