Menu

Mode Gelap

Daerah · 16 Des 2022

Pemkot Palu Dapat DID Dari Pemerintah Pusat Sebesar 11,4 Miliar


 Pemkot Palu Dapat DID Dari Pemerintah Pusat Sebesar 11,4 Miliar Perbesar

PALU,netiz.id — Wali , H. Rasyid, SE secara resmi membuka Rapat Kerja TP-PKK Kota Palu tahun .

Kegiatan yang digelar SwissBel Palu juga dihadiri langsung oleh , , S.AP bersama para anggota TP-PKK Kota Palu lainnya. Kamis (15/12/22)

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadi menyampaikan bahwa Rapat Kerja merupakan dasar utama untuk membuat rancangan kerja yang baik terkait dengan agenda apapun yang akan dilaksanakan.

Melalui Rapat Kerja ini, kata dia, TP-PKK bisa melibatkan semua stakeholder yang ada untuk duduk bersama guna memberikan masukan agar semua rencana kerja dapat diterima oleh semua pihak.

“Pelaksanaan Rapat Kerja ini menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK Kota Palu memiliki semangat yang sama untuk berkolaborasi baik dalam pemikiran maupun tindak kerja kedepan,” Katanya.

Menurut Wali Kota Palu, PKK dengan perannya yang sangat vital dapat melibatkan masyarakat untuk betul-betul proaktif dalam semua upaya rencana kerja Pemerintah.

“Kalau masyarakat tidak terlibat atau tidak mampu menyerap apa yang menjadi program dari Pemerintah, maka Pemerintah akan berjalan sendiri,” Ujarnya

“Kalau Pemerintah berjalan sendiri, maka saya yakin apapun yang dikerjakan oleh Pemerintah tidak dapat berjalan dengan baik. Nah disitulah peran PKK yang sangat-sangat vital melalui 10 program pokoknya,” Tambahnya.

Hadi juga menambahkan bahwa 10 program pokok yang dimaksud yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana .

Kemudian pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Wali Kota juga menjelaskan bahwa baru saja mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat atas keberhasilan dalam menekan angka inflasi dengan baik karena peran dari ibu-ibu PKK.

“Alhamdulillah kita mendapatkan dana sebesar Rp11,4 miliar. Dari dana itulah saya memerintahkan untuk dilaksanakan Pasar Murah di delapan kecamatan yang baru saja berlangsung,” Ungkapnya.

Selain itu, kata Hadi, Pemerintah Kota Palu menyalurkan bantuan modal usaha untuk 3.000 rumah dan setiap rumah masing-masing mendapatkan Rp2 Juta.

Ia menyatakan hal tersebut dilakukan Pemerintah Kota Palu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat agar sandang, pangan, dan papan pun dapat terpenuhi.

Kemudian di tahun 2023, Pemerintah Kota Palu menyalurkan dana sebesar Rp20 miliar untuk bedah rumah yang ditargetkan setiap ada sekitar 30-35 rumah yang memperoleh program tersebut.

“Saya minta PKK dalam hal ini juga dilibatkan untuk memantau dan memastikan bahwa sasaran 30-35 rumah di tahun 2023 itu benar-benar tepat sasaran. PKK saya minta bisa memastikan ini karena berhubungan dengan sandang, pangan, dan papan,” Tekannya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota mengajak seluruh ibu-ibu PKK Kota Palu untuk bersama-sama bahu-membahu menyukseskan program kerja Pemerintah Kota Palu. Demikian . (***)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dukung Keselamatan Kerja, Huabao Indonesia Gelar Sertifikasi SIO bagi 181 Operator

14 Juni 2024 - 18:14

Indonesia Huabao Industrial Park

Gerakan Pangan Murah di Banawa Selatan Donggala Ramai Diserbu Masyarakat Jelang Idul Adha

14 Juni 2024 - 15:36

Kades dan Bendahara Oti Donggala Resmi di Tahan Cabjari Tompe

14 Juni 2024 - 09:55

Jelang Pilkada, Kabeh Sedulur Tamansiswa Dorong Pemimpin Berkomitmen Kesejahteraan Bersama

14 Juni 2024 - 07:58

Kabeh Sedulur Tamansiswa Indonesia

Kotagede Mencari Bakat Kembali Digelar, Hadiah Total Rp 15 Juta!

14 Juni 2024 - 07:47

Kotagede Mencari Bakat

Satgas Parkir Kota Palu Tindak 9 Juru Parkir Liar, Terancam Sanksi Tegas

13 Juni 2024 - 21:01

Dishub Kota Palu
Trending di Daerah