Menu

Mode Gelap

Daerah · 22 Des 2021

Bapenda Donggala Gelar Sosialisasi Pajak Restoran Dan Hotel


 Bapenda Donggala Gelar Sosialisasi Pajak Restoran Dan Hotel di Aula Kasiromu Bupati Donggala Perbesar

Bapenda Donggala Gelar Sosialisasi Pajak Restoran Dan Hotel di Aula Kasiromu Bupati Donggala

NETIZ.ID, – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bappenda), menggelar sosialisasi pajak restoran/rumah makan dan pajak hotel/penginapan lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Donggala Tahun , Rabu (22/12/21)

Dimana demi mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor pajak restauran dan hotel.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Efendi yang membuka kegiatan mengatakan sosialisasi pajak rumah makan dan restoran tersebut, sudah menjadi keharusan yang mulai dilakukan pada .

Ia juga meminta meminta kepada Bappenda untuk mensosialisasikannya kepada Perangkat Daerah agar dapat mensukseskan pajak restauran dan hotel. Sehingga pajak restauran dan hotel nantinya bisa maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

Terkait dengan kata dia, Bahwa untuk ke depan bukan lagi sebagai dana oprasional tetapi statusnya sudah harus menjadi belanja modal.

“Kalau kapasitas viskal di desa itu besar atau meningkat dan Pendapatan Asli Desa dari pajak dan retribusi tinggi maka kemudian memandiri desa itu, jadi dana-dana yang sifatnya  stimulan dari ADD maupun Dana Desa itu, sifatnya hanya sebagai pendorong saja itu yang kita harapkan,” Ujarnya

Dimana diantara lanjutya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah tersebut, yang berpotensi adalah pajak restoran dan rumah makan. Olehnya Sekda meminta  pajak rumah makan dan restoran , agar diatur esensinya.

Ia juga menambahkan, diawal 2022 sudah menggunakan Aplikasi SIAP (Sistim Informasi Apsen Pegawai).

“Sudah tidak dipakai absen sidik jari, sekarang kita pakai Android (HP), jadi pegawai tidak bisa absen dari rumah karena aplikasi ini disetting areanya (Sherlok),” tegasnya.

Sehingga nantinya akan ada mobil Bus untuk Pegawai yang dikelola oleh KORPRI, dengan begitu tidak ada lagi alasan terlambat. Jadi besarnya adalah kita layani Pegawai dan kita tingkatkan kesejahteraan Pegawai sekaligus peningkatan kinerja ditugas masing-masing. Demikian Sekda

Kegiatan yang digelar di Aula Kasiromu tersebut, dibuka secara resmi oleh , Dr. Rustam Efendi, S. Pd., SH., M. Ap, di dampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Ir. Gosal Syahramli, M. Si, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Moh. Fahri, S. Sos., M. Si, Serta turut dihadiri oleh Pimpinan OPD Donggala, Camat dan Lurah. (KB/*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah