Menu

Mode Gelap

Politik · 29 Sep 2022

Syafiah Basir Berterima Kasih Kepada Ketua BK DPRD Donggala


 Syafiah Basir. Dok : netiz.id Perbesar

Syafiah Basir. Dok : netiz.id

,netiz.id, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berterima kasih soal kabar dirinya ditegur Badan Kehormatan (BK), Kamis (29/9/).

Menurut Anggota Fraksi Satu Hati Nurani ini, dirinya memahami apa kerja dari ketua BK. Namun, Hanura dari dapil 3 ini juga menanyakan apa teguran itu sesuai dengan mekanisme atau hanya gertak sambal.

Seharusnya kata dia, Ketua BK menyurat ke Ketua Fraksi bukan menunjuk langsung anggota DPRD yang bersangkutan.

“Setelah surat itu diterima Fraksi, dilanjutkan dengan teguran fraksi ke anggota Fraksinya. Itu mekanismenya, jadi bukan langsung ditujukan ke anggota bersangkutan,” Jelasnya.

“Dan sampai hari ini saya tidak pernah menerima teguran lisan dari Ketua BK baik langsung maupun via telepon, ketua fraksi pun juga seperti itu. Sangat disayangkan, kalau tidak sesuai mekanisme, tapi saya berterima kasih kepada Ketua BK atas perhatiannya,” Tambahnya

Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura ini tak lupa menyampaikan mohon maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten Donggala, terkhusus pada Konstituen di Dapil 3 Kabupaten Donggala, memang dalam beberapa waktu terakhir keeikutsertaan dalam agenda paripurna sedikit berkurang.

“Ada 3 hal yang menyebabkan saya kurang masuk kantor yakni pertama dan yang utama itu, Saya memutuskan lebih banyak menghabiskan waktu di Dapil, di sisa 2 tahun masa jabatannya,” Bebernya

“Saya memilih lebih banyak di dapil berjumpa masyarakat, karena menurut saya dengan kondisi Donggala saat ini, tidak ada hal yang perlu dibangun lagi dalam negosiasi maupun komunikasi antara Eksekutif dan Legislatif, terhadap situasi Donggala,” Sebutnya lagi.

Sehingga pada akhirnya, kata dia, ketika bernegosiasi secara mekanisme, seperti peran wakil rakyat menjaring aspirasi, baik reses mapun hasil aspirasi masyarakat. Aspirasi itu sudah sulit terakomodir, yang akhirnya berujung pembohongan dan pembodohan politik.

“Fungsi DPRD sekarang melemah di Donggala, jadi yang bisa saya lakukan di sisa jabatan ini sebisa mungkin memberikan apa apa yang bisa saya beri dari diri saya, yah mewakafkan diri terhadap masyarakat karena ada doa yang tulus saat mereka memilih saya,” Ujarnya.

Sebab kata dia lagi, tanpa Syafiah Basir pun, quorum juga akan terjadi di Paripurna DPRD Donggala.

DPRD Donggala hanya menggugurkan kewajiban antara lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri.

“Jadi lebih baik uang transportasi tanggungan negara saya pakai ke dapil dibagi ke masyarakat, ketimbang duduk formal di gedung DPRD yang tak berujung solusi,” Tegasnya.

Kemudian yang kedua kata dia, Partai Hanura Sulwesi Tengah beberapa waktu terakhir fokus terhadap persiapan Verfikiasi Faktual dan menggelar sejumlah bimbingan teknis pada kader di sejumlah daerah di Sulteng.

“Yang saya urus itu bukan hanya Hanura Donggala, melainkan 13 kabupaten/kota. Karna itu tanggung jawab dari pengurus partai di provinsi,” Ucapnya

Dan yang terakhir itu, dirinya saat ini sedang menempuh pendidikan Strata Tiga (S3) Jurusan Politik di .

Sehingga aktivitas perjalan Donggala-Makassar lebih sering.

“Sekarang ini kan kuliahnya sudah offline, jadi bolak-balik,” Jelasnya

Terpisah, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Donggala. Safrudin Mahyudin saat dikonfirmasi awak media lewat pesan singkat WhatsApp dan telepon seluler. Bungkam saat disinggung mekanisme tata cara atau tata tertib peneguran terhadap Anleg yang beberapa kali tidak mengikuti sidang paripurna.

Hingga berita ini terbit, tidak ada tanggapan dari ketua BK. (KB)

Artikel ini telah dibaca 863 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Jelang Pilkada, Kabeh Sedulur Tamansiswa Dorong Pemimpin Berkomitmen Kesejahteraan Bersama

14 Juni 2024 - 07:58

Kabeh Sedulur Tamansiswa Indonesia

Di Era Modernisasi Pariwisata, Seniman Yogyakarta Menjadi Garda Terdepan Pelestarian Budaya

9 Juni 2024 - 18:46

DPD Golkar DIY Rilis Hasil Survei Balon Kepala Daerah

8 Juni 2024 - 16:34

DPD Golkar DIY

Heroe Poerwadi dan Ariyanto Jogkem Bertemu di Semarang, Pantas Diduetkan pada Pilkada Yogyakarta?

6 Juni 2024 - 19:12

Bakal Calon Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, dan Bakal Calon Wakil Walikota Yogyakarta, Ariyanto Jogkem,

Bantah Hoaks, Mohamad Irwan Tegaskan Komitmen Golkar di Pilgub Sulteng

21 Mei 2024 - 15:19

Demokrat – Gerindra Donggala Berpotensi koalisi pada Pilkada mendatang

10 Mei 2024 - 19:40

DPRD Donggala
Trending di Daerah