Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Nov 2022

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid Lantik Dewan Adat Kota


 Photo : IST Perbesar

Photo : IST

PALU,netiz.id — Wali H., S.E menghadiri sekaligus Dewan Adat Kota Palu. Rabu (23/11//22)

Acara yang dilaksanakan di Baruga Vatulemo dihadiri Ketua Dewan Adat Kota Palu Rum Parampasi dan pengurus dewan adat lainnya sejumlah unsur Forkopimda juga hadir.

, Rasyid menyampaikan selamat dan sukses kepada para dewan adat kota palu yang telah .

Hadi sapaan akrabnya juga mengatakan bahwa sekaitan dengan pelaksanaan dewan adat kota ini, perlu semua insyafi bersama, bahwa kota palu sebagai ibu kota , sesungguhnya memiliki aneka ragam , seni budaya lokal, dan seni tradisional, yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, guna menambah perbendaharaan kebudayaan lokal maupun kebudayaan nasional.

“Hanya masalahannya, kita semua belum maksimal dalam menggali dan mengembangkan adat istiadat dan budaya tradisional didaerah kita sendiri,” Ujarnya

Sehingga kata Hadi, kalau pun ada jenis kebudayaan, maka sesunguhnya itu hanya sebatas klasifikasi untuk dikenal sebagai pengetahuan dan hafalan saja, bukan dalam bentuk suatu aktivitas yang memang secara sengaja dan direncanakan, menjadi kemasan budaya yang siap dipertunjukkan, dipromosikan dan dipublikasikan.

“Kebudayaan tradisional kita menjadi bisa diandalkan sebagai budaya lokal yang paten, untuk diperhitungkan masuk sebagai bagian perbendaharaan kebudayaan nasional,” Tegasnya

Orang nomor satu di Kota Palu itu juga menambahkan bahwa dalam upaya untuk mengokohkan kebudayaan kaili, sudah tentu membutuhkan banyak diskusi, libu dan berbagai upaya kongkrit lainnya yang terukur, budaya kaili harus selalu secara konsisten diangkat kepermukaan, dan dipublikasikan secara intensif baik melalui media, kegiatan, maupun fasilitas lainnya, baik dilakukan secara formal maupun non formal.

“Saya mengharapkan kiranya dewan adat kota palu yang dikukuhkan ini, agar dapat berbuat lebih maksimal lagi dalam menggali dan mengembangkan budaya lokal, guna mengangkat kredibilitas eksistensi budaya kaili, serta memberikan nilai kontribusi ekonomis bagi pembangunan khususnya dibidang kepariwisataan dan pendidikan kebudayaan,” Harap Wali Kota,

“Kepada dewan adat kota palu yang sudah dikukuhkan, harus disadari bahwa tantangan ke depan nanti, tanggung jawab dan beban tugas yang diperhadapkan kepada saudara, semakin kompleks dan cukup menantang.

Maka sudah sepantasnyalah mulai sekarang, para anggota dewan adat untuk mempersiapkan diri seoptimal mungkin, dengan sering berkomunikasi dengan pemerintah kota palu,” Tuturnya menambahkan.

Oleh karena itu, kedudukan saudara-saudara sebagai pengurus dewan adat kota palu, Wali Kota palu itu  mengharapkan benar-benar dijadikan modal dalam mengelola, mengembangkan, dan memberdayakan kebudayaan kaili. Sebab harapannya kebudayaan kaili beserta seluruh perangkat adatnya, dapat berdaulat menjadi tuan dinegerinya sendiri. Demikian Wali Kota Palu. (***)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah