Menu

Mode Gelap

Daerah · 11 Jun 2024

Sekkot Palu Apresiasi Kinerja Baznas dan Harapkan Transparansi Pengelolaan Zakat


 Saat Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Sistem Pencatatan Pelaporan Setoran Keuangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) OPD se-Kota Palu, di Winners Sport Center, Kota Palu, Selasa (11/06/24).. Photo: Humas Pemkot Palu. Perbesar

Saat Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Sistem Pencatatan Pelaporan Setoran Keuangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) OPD se-Kota Palu, di Winners Sport Center, Kota Palu, Selasa (11/06/24).. Photo: Humas Pemkot Palu.

,netiz.idSekretaris Daerah Kota Palu, Pettalolo, mengapresiasi kinerja () Kota Palu dalam membantu pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam dua tahun terakhir. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Sistem Pencatatan Pelaporan Setoran Keuangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) , di Winners Sport Center, Kota Palu, Selasa (11/06/24).

Sekretaris Daerah Irmayanti dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan zakat di lingkungan . Ia bahwa di tahun-tahun sebelumnya pengelolaan zakat belum optimal.

“Namun, di tahun ini semenjak kepengurusan Baznas Kota Palu yang baru, saya merasakan betul keterlibatan Baznas dalam semua program-program pemerintah,” kata Sekkot.

Menurutnya, zakat merupakan salah satu instrumen penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial. Oleh karena itu, pengelolaan zakat harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan tata kelola yang baik.

Sekretaris Daerah menekankan beberapa hal penting dalam pengelolaan zakat, yaitu Transparansi dan Akuntabilitas, Sistem pencatatan dan pelaporan yang disosialisasikan hari ini harus mampu mencerminkan transparansi dan akuntabilitas. Setiap dana yang diterima dan disalurkan harus tercatat dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Profesionalisme Pengelolaan zakat membutuhkan keterampilan dan profesionalisme. Sekkot mengharapkan setiap anggota UPZ di setiap OPD memiliki pemahaman yang baik tentang tata cara pengelolaan zakat,” Ucapnya

Pemanfaatan Teknologi Pemanfaatan teknologi dalam sistem pencatatan dan pelaporan keuangan zakat sangat diperlukan. Hal ini akan mempermudah proses administrasi, meningkatkan efisiensi, dan meminimalkan kesalahan.

Koordinasi dan Kolaborasi: Kerja sama yang baik antara UPZ di setiap OPD sangat diperlukan. “Mari kita bangun koordinasi yang solid untuk memastikan bahwa seluruh proses pengelolaan zakat berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan,” ajak Sekkot.

Sekretaris Daerah berharap melalui rapat koordinasi dan sosialisasi ini, dapat memperkuat komitmen bersama dalam mengelola zakat dengan lebih baik. Ia mengajak seluruh pihak untuk menjadikan pengelolaan zakat sebagai bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung di Kota Palu. Demikian . (TIM)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kemudahan Layanan Pertanahan, Menteri AHY Tinjau Inovasi LaserJet di Badung

14 Juni 2024 - 18:28

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Dukung Keselamatan Kerja, Huabao Indonesia Gelar Sertifikasi SIO bagi 181 Operator

14 Juni 2024 - 18:14

Indonesia Huabao Industrial Park

Gerakan Pangan Murah di Banawa Selatan Donggala Ramai Diserbu Masyarakat Jelang Idul Adha

14 Juni 2024 - 15:36

Kades dan Bendahara Oti Donggala Resmi di Tahan Cabjari Tompe

14 Juni 2024 - 09:55

Jelang Pilkada, Kabeh Sedulur Tamansiswa Dorong Pemimpin Berkomitmen Kesejahteraan Bersama

14 Juni 2024 - 07:58

Kabeh Sedulur Tamansiswa Indonesia

Kotagede Mencari Bakat Kembali Digelar, Hadiah Total Rp 15 Juta!

14 Juni 2024 - 07:47

Kotagede Mencari Bakat
Trending di Daerah