Menu

Mode Gelap

Daerah · 15 Jan 2023

Sebanyak 1.288 Calon Anggota PPS KPU Donggala Lulus Tes Tertulis


 Sebanyak 1.288 Calon Anggota PPS KPU Donggala Lulus Tes Tertulis Perbesar

DONGGALA,netiz.id — Sebanyak 1.288 orang () di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Donggala lulus tertulis untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) .

Hal itu dikatakan Anggota KPU Donggala, Yudhi Riandy saat dikonfirmasi media ini. Minggu (15/1/23)

Yudhi sapaan akrabnya mengatakan KPU Donggala telah menetapkan hasil seleksi tertulis Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Donggala untuk Pemilu tahun 2024.

“Calon Anggota PPS yang lulus seleksi tertulis sebanyak 1.288 orang, tidak lulus sebanyak 198 orang,” Bebernya

lebih lanjut, Yudhi katakan pada proses seleksi tertulis calon Anggota PPS bertujuan untuk menyaring sesuai peringkat nilai jumlah pendaftar menjadi paling banyak 3 kali kebutuhan, dalam hal ini 9 orang.

Namun, kata Yudi, terdapat 2 Desa yang pendaftarnya lulus melebihi 9 orang yaitu Desa Masaingi sebanyak 10 orang, dan Desa Batusuya sebanyak 13 orang, disebabkan pada peringkat akhirnya terdapat pendaftar yang memiliki nilai sama.

Yudhi menambahkan nantinya calon Anggota PPS yang lulus akan mengikuti Seleksi Wawancara yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 s/d 20 Januari 2022 di tiap-tiap Kecamatan.

“Proses seleksi wawancara akan menyaring pendaftar sebanyak 2 kali kebutuhan jumlah Anggota PPS dalam hal ini orang,” Jelasnya

“Materi seleksi wawancara terdiri dari pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas, rekam jejak calon anggota PPS, serta tanggapan dan masukan masyarakat,” Tuturnya menambahkan

Dikatakannya lagi, Proses seleksi wawancara akan menyaring pendaftar sebanyak 2 kali kebutuhan jumlah Anggota PPS dalam hal ini 6 orang, yang dianggap mampu dan cakap untuk membantu KPU dan dalam menyelenggarakan tahapan .

“Diperlukan figur yang berintegritas, jujur, dan yang paling penting mampu bekerja secara tim, serta mampu bekerja di bawah tekanan karena sudah diatur batas waktu untuk tiap-tiap tahapan dan penyelenggara,” Tegasnya

Calon anggota PPS juga nantinya akan dituntut untuk mampu menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan serta sesuai prosedur yang telah diatur. Bukan menyelesaikan dengan cara-cara sesuai keinginannya. Demikian Anggota KPU Donggala. (KB)

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polresta Yogyakarta Dukung Penuh Kegiatan Hari Anak Nasional JPKP DIY

19 Juni 2024 - 10:43

Polresta Yogyakarta

Warga Yogyakarta Masih Banyak yang Belum Punya Rumah Sendiri, Harga Mahal dan UMR Rendah Jadi Kendala Utama

19 Juni 2024 - 10:10

Seorang warga Yogyakarta, Seno

Sekretariat DPRD Provinsi Sulteng Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih 6 Ekor Sapi

19 Juni 2024 - 09:29

Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tengah

Kantor Pertanahan Donggala Gelar Kurban dan Salurkan Daging Kurban kepada Warga

18 Juni 2024 - 16:47

Suasana saat Kantor Pertanahan Kabupaten Donggala melaksanakan kegiatan qurban di halaman belakang kantor pada hari Senin kemarin (17/06/24). Photo: TIM

Semarak Kurban di Masjid Danunegaran, 12 Lembu dan 20 Kambing Dibagikan untuk Masyarakat

17 Juni 2024 - 16:08

Masjid Danunegaran Yogyakarta menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan menyembelih 12 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Pemerintah Kota Palu Gelar Salat Iduladha di Lapangan Tatura

17 Juni 2024 - 12:00

Pemkot Palu
Trending di Daerah