Menu

Mode Gelap

Daerah · 2 Mar 2023

Reny Lamadjido Sebut Setiap Sila Pada Pancasila Dapat Diaktualisasikan


 Reny Lamadjido Sebut Setiap Sila Pada Pancasila Dapat Diaktualisasikan Perbesar

PALU,netiz.id — Wakil , dr.Reny A. Lamadjido, Sp, PK, M.Kes membuka secara langsung kegiatan Akseptasi Indeks Aktualisasi Nilai Pancasila ke .

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP) bertempat di Best Weatern Coco Palu. Kamis (2/3/23) turut dihadiri Direktur Jaringan dan Pembudayaan Toto Purbiyanto, S.Kom, M.Ti, Kota Palu H., S.Sos, M.Si, Kepala Bappeda Kota Palu Dra.Arfan, M.Si, Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP, Rahmad Mustafa, S.STP, M.Si dan pejabat BPIP lainnya.

Indeks Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila (IAP) dimaksudkan untuk memperoleh gambaran-gambaran secara komprehensif tentang nilai-nilai pancasila, yang dilihat dari realisasi serta persepsi yang dibuat dalam bentuk indeks.

Dalam sambutannya, membeberkan bahwasanya sejak , Pemerintah Kota Palu bersama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI telah menandatangani nota kesepahaman tentang pembinaan ideologi Pancasila di Kota Palu.

“Suatu kesyukuran bagi kita, tahun 2021 yang lalu, Pemerintah Kota Palu bersama BPIP RI telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pembinaan Ideologi Pancasila di Kota Palu,” Bebernya

Adapun isi dari pembinaan ideologi Pancasila kata dia, tertuang didalamnya penggalian mutiara Pancasila pada kearifan lokal, pembumian nilai-nilai Pancasila untuk ASN, pembelajaran non formal untuk organisasi kemasyarakatan, forum dan lembaga kemasyarakatan, organisasi sosial , serta komponen-komponen masyarakat lainnya.

Lanjutnya, dewasa ini Pancasila hanya menjadi sebatas wacana-teoretis yang masih kurang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu ia berpesan agar kiranya nilai-nilai dalam setiap sila Pancasila perlu menjadi rujukan untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam setiap sila semestinya menjadi rujukan bersama bangsa Indonesia untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” Tandasnya.

Kegiatan pembinaan tersebut berlangsung seksama, dan diikuti oleh sejumlah perwakilan dari tiap-tiap jajaran Pemerintah Kota Palu, dimana akan digelar selama 2 hari terhitung sejak 2 sampai 3 Maret . (***)

 

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah