Menu

Mode Gelap

Daerah · 20 Mar 2023

Ratusan ASN Pemkot Palu Ikut Pelatihan Pengembangan dan Pembinaan Karir Pejabat Fungsional


 ASN Pemkot Palu Perbesar

ASN Pemkot Palu

,netiz.id — Asisten III bidang Administrasi Umum Setda , secara resmi membuka sosialisasi Pengembangan dan Pembinaan Karir Pejabat Fungsional pasca penyetaraan jabatan di Best Western Coco Palu. Senin (20/3/23)

Dalam arahannya, Asisten yang membacakan sambutan tertulis Wali Kota menyampaikan bahwa sebelumnya telah melaksanakan penyetaraan jabatan dari jabatan administratif ke dalam jabatan fungsional.

“Sebanyak 325 pejabat pengawas yang telah dan disetarakan dalam jabatan fungsional sesuai Peraturan Menpan dan RB nomor 17 tahun . Namun demikian, dalam pelaksanaannya masih diikuti oleh kebimbangan dan perlu dilakukan persamaan persepsi lebih lanjut mengenai berbagai pertanyaan yang kemudian muncul setelah peraturan dilaksanakan,” Ujarnya.

Menurutnya, penyederhanaan birokrasi, sesungguhnya dilaksanakan untuk mengurangi hambatan prosedural dalam pengambilan keputusan, sehingga langkah dan solusi lebih cepat dilaksanakan.

“Budaya kerja yang masih berbelit-belit, hierarkis, lambat, dan cenderung prosedural, katanya harus dihilangkan dengan cepat, tepat, dan sesuai ekspektasi masyarakat,” Ucapnya

Selain itu, lanjut asisten penyederhanaan birokrasi diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi. Sehingga pekerjaan tidak lagi dikerjakan secara sendiri-sendiri, harus dibangun kerja tim baik di maupun antar OPD.

“Tidak boleh lagi kerja parsial, karena solusi atas permasalahan kota tidak bisa diselesaikan secara sendiri-sendiri, harus berjamaah,” katanya.

Asisten Imran mengungkapkan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini telah menggeser paradigma pemerintahan dari _ruling government_ terus berproses menuju _good governance_ atau reformasi birokrasi, serta menuntut pelayanan publik harus mmapu menjadi jembatan antara _civil society_ dan _state_.

Dalam menjalankan pemerintahan menjadi lebih efisien, efektif, responsif, inovatif, kreatif, kompetitif, transparan, dan akuntabel. Hal ini dimaksudkan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik yang berimplikasi pada peningkatan kesetaraan masyarakat.

“Program _reinventing governance_ tersebut merupakan sebuah solusi yang harus terus kita lakukan dalam rangka optimalisasi pelayanan,” ungkapnya.

Ia mengatakan salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan publik ini diwujudkan dengan penyetaraan jabatan dalam rangka penyederhanaan birokrasi yang berupaya untuk meningkatkan efektivitas pemerintahan dan mempercepat pengambilan keputusan dalam pelayanan publik.

Melalui sosialisasi yang dilaksanakan ini, Asisten sangat berharap akan semakin terjelaskan pola pengembangan karir pejabat fungsional, penyusunan angka kredit, dan lain-lain. Demikian (KB/*)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah