Menu

Mode Gelap

Daerah · 28 Des 2021

President RI, Joko Widodo Resmikan Pabrik Nikel PT GNI


 Foto Presiden Jokowi Biro Pers Sekretariat Presiden Perbesar

Foto Presiden Jokowi Biro Pers Sekretariat Presiden

NETIZ.ID,Morut — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan produksi perdana pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) nikel milik PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) yang berlokasi di Bunta, , Kabupaten Utara (Morut), .

Acara peresmian tersebut dilakukan di Kawasan Virtue Dragon Nikel Industri Park di Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra, Senin (27/12/).

Dalam sambutannya Jokowi berharap kehadiran smelter tersebut bisa berdampak signifikan demi kebangkitan ekonomi masyarakat lokal dimana perusahaan tersebut berdiri.

“Kita ingin semua rakyat bisa bekerja. Tidak hanya melihat bahan mentah yang diekspor ke negara lain, tapi memberikan nilai tambah lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya,” Paparnya.

juga meminta kepada setempat agar bisa memberikan rasa aman kepada para pelaku investasi dalam mengembangkan perusahaan tersebut dimasa akan datang.

“Kepada Gubernur dan Bupati, berikan rasa aman kepada para investor di perusahaan ini untuk menjalankan aktifitas usaha ini. Sehingga bisa meningkatkan nilai investasi dimasa akan datang,” Tutupnya

Sementara itu Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan kehadiran industri yang menaungi PT Gunbuster Nickel Industri akan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian, baik untuk Sulawesi Tengah maupun .

“Dengan adanya industri smelter ini, Sulawesi Tengah pertumbuhan ekonominya 10%. Dan Sulawesi Tenggara 3,7%, namun (jumlah 3,7%) ini lebih tinggi dari (rata-rata) nasional,” ujarnya.

Ia mengungkapkan hilirisasi ini bisa memberikan daya saing dan menghasilkan sumber daya alam, serta industri ini juga bisa mendorong untuk menjaga lingkungan.

Di lokasi pabrik PT. GNI di Bunta para pimpinan GNI dan undangan yang hadir mengikuti acara peresmian melalui layar lebar. Saat itu juga ditampilkan tarian lense dan metingke.

Dalam acaratersebut Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, , Bupati Morowali Utara Julkarson Hehi, dan sejumlah pejabat lainnya. (KB/MCDD)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah