Menu

Mode Gelap

Daerah · 13 Sep 2022

KPU Donggala Gelar Rakor Pengelolaan PPID dan Bakohumas


 KPU Donggala Gelar Rakor Pengelolaan PPID dan Bakohumas Perbesar

DONGGALA,netiz.id gelar () Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Badan Koordinasi hubungan masyarakat (Bakohumas).

Kegiatan yang dihadiri stakeholder yang ada di ruang lingkup pemerintahan kabupaten Donggala ini digelar di ruang rapat KPU Donggala. Selasa (13/9/22)

Ketua KPU Donggala, dalam sambutannya mengatakan Rakor ini bertujuan untuk mempererat silaturahim bersama stakeholder dan teman-teman media dalam hal pemberitaan setiap kegiatan yang dilakukan oleh KPU Donggala ditahapan .

“Informasi yang perlu diketahui masyarakat itu kewajiban KPU Donggala, tentunya saya menyampaikan PPID itu di KPU Donggala ini terdiri dari dua corong ke masyarakat,” Ujarnya

Kemudian kata dia, masyarakat dapat meminta informasi di KPU Donggala lewat E-PPID.

“Menyesuaikan permohonan informasi yang diminta masyarakat,” Ucapnya

Informasi kedua kata dia lagi, itu Per personal melalui tatap muka langsung di KPU Donggala bagi yang kurang memahami informasi.

“Informasi yang dikelola oleh KPU Donggala itu ada informasi publik. Namun hal ada yang dikecualikan terkait undang-undang keterbukaan informasi publik. Yang KPU Donggala tidak bisa berikan,” Jelasnya Senin

Unggul menambahkan bahwa semua informasi tentang KPU Donggala itu jadi gawean atau melalui bakohumas yang bermitra dengan media (Wartawan)

“Semua pemberitaan di sosmed ada di sana (Bakohumas),” Sebutnya

Oleh karena itu lanjut Unggul, publikasi di bakohumas berdasarkan data dan fakta serta berdasarkan regulasi yang berlaku di KPU Donggala.

“Sehingga semua berita yang disampaikan Bakohumas itu dapat di pertanggungjawabkan KPU Donggala. Membangun sinergitas ialah membangun komunikasi bersama stakeholder.” Pungkasnya

Ditempat yang sama, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Donggala. Yudhi Riyandi mengatakan lembaga melayani Publik yang diminati masyarakat itu terletak pada bakohumas yang menyebarkan setiap informasi kegiatan KPU Donggala.

“Kepercayaan publik yang harus di jaga,” Tegasnya

KPU Donggala sendiri kata dia, menghadapi 2024 mendatang pasti banyak isu-isu miring.

Bakohumas sendiri kata Yudhi melanjutkan, memberikan informasi kepada masyarakat luas untuk mendapatkan informasi yang penting kepada publik secara terbuka, jujur, efektif dan efisien. Demikian Yudhi.

Sementara itu, Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Dr. Sahran Raden mengatakan bahwa KPU sebagai lembaga publik berprinsip menyelenggarakan pemilu dengan asas transparan dan akuntabel namun juga mengedepankan aspek perlindungan data pribadi.

“Dalam hal ini maka perlu pemahaman secara menyeluruh atas ruang lingkup, metode hingga regulasi terkait perlindungan data pribadi ini, agar jajaran KPU hingga tingkat terbawah memahami batasan informasi yang dapat disampaikan dan mana yang dikecualikan,” Sahran

Lebih lanjut Sahran berharap dengan webinar ini para dapat membantu untuk memetakan isu-isu terkait perlindungan data dan mendapat masukan terbaik sebagai langkah preventif dalam melakukan pengamanan data.

“Data menjadi hal penting saat ini, ini yang harus dipahami agar setiap orang dapat berhati-hati menyebarluaskan informasi pribadi, apalagi jika penyebarannya dilakukan dengan media internet,” Tutupnya. (KB)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polresta Yogyakarta Dukung Penuh Kegiatan Hari Anak Nasional JPKP DIY

19 Juni 2024 - 10:43

Polresta Yogyakarta

Warga Yogyakarta Masih Banyak yang Belum Punya Rumah Sendiri, Harga Mahal dan UMR Rendah Jadi Kendala Utama

19 Juni 2024 - 10:10

Seorang warga Yogyakarta, Seno

Sekretariat DPRD Provinsi Sulteng Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih 6 Ekor Sapi

19 Juni 2024 - 09:29

Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tengah

Kantor Pertanahan Donggala Gelar Kurban dan Salurkan Daging Kurban kepada Warga

18 Juni 2024 - 16:47

Suasana saat Kantor Pertanahan Kabupaten Donggala melaksanakan kegiatan qurban di halaman belakang kantor pada hari Senin kemarin (17/06/24). Photo: TIM

Semarak Kurban di Masjid Danunegaran, 12 Lembu dan 20 Kambing Dibagikan untuk Masyarakat

17 Juni 2024 - 16:08

Masjid Danunegaran Yogyakarta menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan menyembelih 12 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Pemerintah Kota Palu Gelar Salat Iduladha di Lapangan Tatura

17 Juni 2024 - 12:00

Pemkot Palu
Trending di Daerah