Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Jan 2022

Kapolsek KP3 Pantoloan : Kasus Material Tambang Dalam Kontainer Diambil Alih Polda Sulteng


 Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pantoloan, Ipda Nur Habib Auliya,S.Tr.K Perbesar

Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pantoloan, Ipda Nur Habib Auliya,S.Tr.K

NETIZ.ID, — Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pantoloan, Ipda Nur Habib Auliya,S.Tr.K membenarkan bahwa kasus material tambang dalam telah di ambil Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulawesi Tengah.

Perwira pertama Kepolisian lulusan Akpol 2018 ini mengatakan bahwa Kasus Kontainer tanpa Dokumen yang diduga berisikan Material bebatuan mengandung Unsur Tembaga (Cu/Curpum) asal Dusun Ogotaring Desa Oyom sudah diambil alih Polda Sulteng.

“Untuk kasus saat ini sudah diambil alih oleh krimsus Polda pak ,silahkan dikonfirmasi ke krimsus polda,” Ungkapnya seperti dilansir Portalsulawesi.Id. Selasa  (11/01/2022)

Diketahui Puluhan Ton material bebatuan yang diduga mengandung Bahan diduga akan dikirim keluar daerah oleh salah seorang pengusaha melalui . Material  tambang yang berbentuk pecahan bebatuan yang diduga mengandung Tembaga (CU) di tambang dari kawasan Hutan Lindung Desa Oyom Kecamatan Lampasio Kabupaten .

Sementara itu Polda Sulteng , Kombes Didik Supranoto mengatakan bahwa Kasus material tambang di kontainer telah ditangani oleh Ditrimsus ,sekarang dalam proses penyelidikan dan para saksi-saksi.

“Kasusnya ditangani oleh Ditrimsus ,sekarang dalam proses penyelidikan dan pemeriksaan para saksi-saksi,” Jelas mantan Wadirkrimsus. Rabu (12/01/2022).

Dari sumber yang terpercaya , penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus telah memeriksa sejumlah orang yang terkait dengan kasus Kontainer berisi Material tersebut .

Kabarnya Polisi telah meminta keterangan seseorang yang bernama Kiki , salah satu saksi kunci yang mengetahui siapa pihak yang bertanggung jawab atas Upaya penyeludupan Material tambang illegal tersebut ke Pelabuhan Pantoloan.

“Orang yang pesan Kontainer tersebut adalah ibu kiki, itu orangnya Mr. Cen ,mungkin bosnya yang suruh pesan Kontainer itu,” Ungkap Sumber yang enggan disebut identitasnya.

Selain itu Sumber lain juga membenarkan bahwa sejumlah aparat berpakaian preman sejak berita terkait Kontainer Berisikan material tambang yang diduga Ilegal tersebut tampak “hilir mudik “ di Depo Peti Kemas Temas Line untuk mencari tau keberadaan Kontainer berisikan material Tembaga tersebut.

“Banyak aparat datang kemari cari kontainer yang katanya berisi material tembaga  tersebut ,mereka rata rata berbaju preman,” Ungkap salah seorang buruh pelabuhan yang biasa mangkal di Depo peti Kemas di Pantoloan.

Terpisah Pemerhati dan Praktisi Hukum dari LBH Progresif mengatakan bahwa ada dugaan keterlibatan Pemodal asing dalam kasus ini, Polisi harus berani ungkap ,jangan sampai ada intervensi dari pihak tertentu yang membuat Polisi ragu-ragu mengungkap kasus ini , ini adalah kejahatan terstruktur terhadap Sumber daya alam.

“Dengan telah diperiksanya beberapa Saksi, diharapkan Polisi dapat bekerja Profesional dan Transparan untuk mengungkap siapa semua pihak yang terlibat dalam Kasus Kontainer berisikan Material Bahan Tambang yang diduga Ilegal tersebut.” Demikian Abdul Razak, SH. (TIM)

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Polresta Yogyakarta Dukung Penuh Kegiatan Hari Anak Nasional JPKP DIY

19 Juni 2024 - 10:43

Polresta Yogyakarta

Warga Yogyakarta Masih Banyak yang Belum Punya Rumah Sendiri, Harga Mahal dan UMR Rendah Jadi Kendala Utama

19 Juni 2024 - 10:10

Seorang warga Yogyakarta, Seno

Sekretariat DPRD Provinsi Sulteng Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih 6 Ekor Sapi

19 Juni 2024 - 09:29

Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tengah

Kantor Pertanahan Donggala Gelar Kurban dan Salurkan Daging Kurban kepada Warga

18 Juni 2024 - 16:47

Suasana saat Kantor Pertanahan Kabupaten Donggala melaksanakan kegiatan qurban di halaman belakang kantor pada hari Senin kemarin (17/06/24). Photo: TIM

Semarak Kurban di Masjid Danunegaran, 12 Lembu dan 20 Kambing Dibagikan untuk Masyarakat

17 Juni 2024 - 16:08

Masjid Danunegaran Yogyakarta menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan menyembelih 12 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Pemerintah Kota Palu Gelar Salat Iduladha di Lapangan Tatura

17 Juni 2024 - 12:00

Pemkot Palu
Trending di Daerah