Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Jan 2023

2 Tahun Pimpin Kota Palu, Hadi-Reny Catat Sejarah Dibidang Kesehatan


 2 Tahun Pimpin Kota Palu, Hadi-Reny Catat Sejarah Dibidang Kesehatan Perbesar

PALU,netiz.id — Wali Kota dan Wakil Wali saat ini mencatat sejarah Dibidang Kesehatan sepanjang kepemimpinan kepala daerah di kota Palu.

Mengapa tidak, pasangan yang diusung oleh partai Hanura dan PKB ini berhasil mengimplementasikan visi misinya yang terangkum dalam 53 program dengan tagline “Palu Mantap Bergerak”.

Sejak tanggal 20 Februari , Walikota Palu dan Wakil Walikota Palu dr Reny A Lamadjido terus bekerja untuk kota Palu.

Terbukti salah satu capaian luar biasa yang telah di raih dan belum pernah terjadi di Kota Palu sebelumnya, khususnya dibidang kesehatan, yaitu disepanjang Tahun di Kota Palu tak ada satupun kasus kematian Ibu dalam persalinan.

Saat ditemui diruang kerjanya, Walikota Palu Hadianto Rasyid yang dimintai tanggapannya mengatakan dalam hal ini dirinya bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberi keselamatan kepada seluruh ibu khususnya yang menjalani proses kelahiran di kota Palu.

“Alhamdulillah, Semoga,Allah swt selalu melindungi dan menjaga kita semua,” Ujar Hadi sapaan akrabnya. Kamis (/1/).

Menurut Hadi, capaian ini tidak dari upaya semua pihak baik dari pemerintah maupun Masyarakat sehingga mampu menekan Angka Kematian Ibu dalam proses kelahiran dikota Palu

“Peran serta dari Tenaga Kesehatan (Nakes) kita serta ditambah kesadaran masyarakat akan pentingnya arti kesehatan pada proses kehamilan yang telah membuat kita mencapai hal tersebut,” Ucapnya.

Hadi juga mengaku bahwa saat ini pihaknya tengah meluncurkan program di bidang kesehatan juga yakni bernama “Jumat Palu Sehat” dimana dalam Program ini semua warga masyarakat kota dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis di setiap hari jumat.

“Adapun dari 53 Program yang di laksanakan pemkot, dibidang Kesehatan yakni Palu Sehat dan Transformasi Puskesmas,” Tuturnya menambahkan.

Terpisah, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga (Dinkes) Kota Palu Andi Nurasfianti yang dimintai keterangan terkait ini menuturkan indikator dari penurunan kasus Angka Kematian Ibu (AKI) di Kota Palu hingga mencapai nol kasus ini tak lepas dari bagaimana langkah penanganan kita terhadap ibu hamil.

“Dalam hal ini Dinkes menerapkan pelayanan yang dikenal dengasn istilah 10 T, yakni tentang pemeriksaan tinggi, berat badan dan sebagainya,” Tuturnya

Ia juga mengaku bahwa capaian tersebut diraih tak lepas dari kerjasama atau sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang ada diruang lingkup Pemerintah Kota Palu.

Berdasarkan Data Dari Dinas Kesehatan Kota Palu tentang Jumlah Persalinan di tahun 2020 tercatat sebanyak 6 kasus Angka Kematian Ibu (AKI) dari jumlah persalinan sebanyak 7416, sedangkan pada tahun 2021 dari sebanyak 7379 persalinan sebanyak 7 kasus kematian. Dimana dua kasus diantaranya terinfeksi Covid 19.

Sementara pada Tahun 2022, tercatat sebanyak 7386 persalinan dan angka Kematian Nol kasus dari Seratus Ribu jumlah Kelahiran Hidup (KH). Target secara nasional jika disesuaikan dengan jumlah penduduk Kota Palu tahun 2022 adalah sebesar 91,28 kasus. Demikian Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu. (***)

Artikel ini telah dibaca 268 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Empat Raperda Disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Sulteng

25 Juni 2024 - 08:12

DPRD Provinsi Sulteng

KPU Donggala Gelar Bimtek PPK di Hotel Kota Palu Tuai Sorotan

25 Juni 2024 - 07:32

Burhanuddin

Banjir Bandang Terjang Desa Mbuwu Donggala, Ratusan Rumah Terendam, Warga Membutuhkan Bantuan Mendesak

24 Juni 2024 - 22:19

Desa Mbuwu

Banjir Bandang Desa Dampal Donggala, Pj Bupati Salurkan Bantuan Langsung kepada Korban

24 Juni 2024 - 21:45

Pj Bupati Donggala, Moh Rifani

PMI Donggala Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Desa Dampal

24 Juni 2024 - 21:00

PMI Donggala

Pasien RSUD Undata Mengadu ke Ombudsman Soal Pelayanan Kurang Memuaskan

24 Juni 2024 - 19:10

Ika Fatmawati
Trending di Daerah